Satu lagi film keluarga yang layak ditonton sebagai tayangan yang membawa pesan moral bagi putra-putri Anda adalah Guru Ngaji. Sang produser, Rosa Djalal mengatakan bahwa film ini terinspirasi dari kehidupan para guru mengaji yang berjuang mengajarkan kitab suci kepada masyarakat di tanah air.

 

Meskipun beberapa berada dalam kondisi yang sangat terbatas tetapi dengan ikhlas mereka tetap mengajarkan membaca Al Quran pada siswa-siswa kecilnya. Tak jarang mereka juga harus mencari pekerjaan Raja Poker sampingan demi dapat memberi nafkah pada keluarganya.

 

Film ini diproduksi oleh Chanex Ridhall Pictures dengan sutradaranya Erwin yang juga sebagai penulis scenario bersama Alim Sudio. Di film Guru Ngaji ini Anda dapat menyaksikan acting menawan Donny Damara, Ence Bagus, Dewi Irawan, Tarzan, Endah Laras, Andania Suri, dan Dodit Mulyanto.

 

Sebelum menyaksikannya di layar lebar bersama keluarga, berikut ini adalah synopsis singkat film Guru Ngaji.

 

Synopsis singkat film Guru Ngaji

Film ini menceritakan kehidupan seorang guru ngaji bernama Mukri diperankan oleh Donny Damara, yang selama ini mengajar ngaji anak-anak di sekitar tempat tinggalnya dengan ikhlas tanpa mengharapkan  imbalan materi. Secara ekonomi ia memang berkekurangan sehingga untuk memenuhi nafkah bagi anak dan istrinya secara rahasia ia menyambi kerja sebagai badut.

 

Tak ada orang yang tahu pekerjaan sampingannya ini, termasuk keluarga bahkan warga Desa Tempuran yang merupakan tempat tinggal Mukri. Ia merasa bahwa profesi sebagai guru mengaji adalah terhormat dan sacral serta tak sepantasnya bersanding dengan pekerjaannya sebagai badut yang melawak untuk membuat orang terpingkal-pingkal.

 

Masalah muncul saat pak Kades, diperankan oleh comedian senior, Tarzan, meminta Mukri untuk memimpin doa di acara ulang tahun sang anak. Sementara di lain pihak ia juga mendapat undangan untuk tampil menjadi badut di acara tersebut. Mukri pun mengalami dilemma dan sang partner melawaknya (Ence Bagus) seolah tak mau tahu masalah besar yang mungkin dapat terjadi.

 

Sedikit ngotot ia membujuk Mukri untuk menerima tawaran manggung tersebut karena ia sendiri membutuhkan uang untuk membeli motor demi dapat mengajak kembag desa dusun tersebut berjalan-jalan. Dodit Mulyanto pada film ini berperan sebagai Yanto, playboy kampung yang kaya dan juga bersaing untuk mendapatkan cinta gadis cantik kembang desa tersebut.

 

Bila ingin tahu akhir kisah film bergenre komedi ini, jangan lewatkan jadwal penayangannya pada 22 maret 2018.

 

Terinspirasi kisah nyata

Siapa sangka ternyata plot cerita pada film Guru Ngaji ini  merupakan kisah nyata dengan bumbu sedikit fiksi yang terjadi di kawasan Boyolali. Inilah sebabnya film ini melakukan pengambilan gambar pada beberapa lokasi di kawasan tersebut, Sukoharjo, serta Soloraya. Selain itu Anda juga bisa menyaksikan beberapa adegan yang syutingnya dilakukan di Masjid Istiqlal Jakarta. Nah, seru, bukan?

 

Donny Damara sebagai pemeran utama

Kualitas acting Donny Damara dan beberapa bintang film senior yang turut terlibat tentu memberikan  jaminan tontonan yang bermutu dan sarat akan pesan moral pada film Guru Ngaji ini. Donny Damara Prasa Dhana atau Donny Damara (50 tahun) memang terbilang actor senior pada dunia perfilman sehingga yang bersangkutan tak menemui kesulitan berarti pada proses syuting film ini.

 

Mengawali karier di dunia hiburan sebagai model dan bintang iklan, lulusan FISIP UI ini terlibat dalam  produksi beberapa film nasional serta sukses meraih penghargaan dalam dan luar negari  karena acting totalnya.

Beberapa penghargaan tersebut antara lain, Aktor Terbaik Asian Film Award 2012 (Lovely Man), Piala Maya 2012, Aktor Utama Terpilih 2012, Aktor Terbaik FFI 2012, Aktor Terbaik Indonesian Movie Award 2012, dan lain-lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *